Creative Visual Marketing : Kekuatan "Gambar" Dalam Pemasaran Media Sosial

BY: DDS EDITORIAL TEAM | APRIL 8, 2020

Share this article

Credit: Unsplash

Manusia pada dasarnya adalah makhluk visual yang cenderung menghubungkan suatu hal dengan simbol, infografis, atau gambar. Dengan memanfaatkan fakta tersebut, perusahaan, bisnis, atau organisasi mulai menggunakan konten visual untuk berkomunikasi dengan pengguna media sosial. Namun kenyataannya, pemasaran di media sosial bukanlah hal yang mudah. Tahukah Anda, dengan mempelajari pentingnya sebuah gambar, Anda dapat mencapai tujuan pemasaran yang diinginkan secara efektif.

Transformasi digital di era modern ini memiliki pengaruh terhadap pola berbisnis setiap orang. Mengingat kita cenderung lebih cepat mencerna informasi menggunakan gambar, komunikasi bisnis yang dilakukan lebih banyak dengan visual dibandingkan teks. Oleh karena itu, orang - orang mulai beralih dari blog platform biasa hingga ke multimedia mikroblog platform seperti Twitter, Facebook, Messenger, Instagram, dan aplikasi lainnya. Bahkan berdasarkan data dari laman Oberlo, saat ini diperkirakan ada 3.5 miliar orang, sekitar 45% dari jumlah populasi manusia, yang menggunakan aplikasi tersebut. Facebook dan Instagram menyediakan platform untuk berbagai jenis konten online berbasis gambar seperti video pendek, fitur instastory, infografis, foto produk, dan banyak lagi yang dapat menjadi alat untuk memperkenalkan sebuah brand atau melakukan kegiatan berbisnis. Namun, meskipun banyak kemudahan yang ditawarkan oleh sebuah platform media sosial untuk bisnis, tetap dibutuhkan strategi pemasaran yang baik melalui kreatif yang menarik agar mampu bersaing di era digital ini.

Menurut tim editorial laman Instagram Business,

"Anda perlu mengetahui tujuan bisnis Anda sendiri seperti untuk meningkatkan brand awareness, terhubung dengan komunitas, atau mendongkrak penjualan, sebelum menentukan kreatif yang baik dan paling efektif"

Tantangan terbesar adalah mencari ide kreatif baru yang sejalan dengan goal sebuah brand yang kemudian mampu membangun keterikatan dengan konsumen. Mari kita lihat salah satu contoh jaringan restoran cepat saji “Wendy’s” dan apa yang mereka lakukan untuk membangun engagement dengan konsumen-nya secara unik melalui kreatif visual yang menarik dalam media sosial mereka.

Strategi Konten Media Sosial

Di Instagram pada umumnya, perusahaan makanan cepat saji hanya berusaha menampilkan produk yang mereka jual dengan foto - foto estetik yang menggugah selera. Namun, Wendy’s memiliki strategi yang berbeda untuk membuat konten Instagramnya lebih menarik bagi para milenial yang terobsesi dengan visual.

Credit: Visual of Wendy’s Instagram (@wendys)

Perlu diketahui bahwa Wendy’s memulai awal yang baru di Instagram sejak 18 Juli 2019, dan menghapus semua gambar yang diunggah sebelum tanggal tersebut. Sampai hari ini, 70% adalah foto, sedangkan 30% sisanya adalah video. Wendy’s melakukan pendekatan baru terhadap Instagramnya dengan lebih hangat dan ramah, namun tetap konyol dan lucu seperti ‘jiwa’ brand itu sendiri. Wendy’s menampilkan burger dan minuman mereka sebagai pusat perhatian dengan background dan editan surealis yang berhubungan dengan tren masa kini.

Selain itu, Wendy’s mengedit foto produknya dengan teknik background removal kemudian menggunakan warna - warna cerah dan tambahan elemen - elemen yang berkaitan dengan produknya. Warna yang konsisten dengan logo brand dan kemasan produk, membuat orang - orang yang melihat gambar tersebut langsung mengetahui bahwa itu adalah “Wendy’s”. Brandon Rhoten, direktur pada bagian digital di Wendy's, mengatakan bahwa

 

“...Ketika kita memiliki materi kreatif yang tepat, Instagram dapat membantu meningkatkan persepsi orang tentang sebuah brand tersebut”.

 

Hingga saat ini, Wendy’s tetap konsisten menggunakan kreatif yang berhubungan dengan kualitas, sejarah, dan pelayanan brand tersebut sehingga menambah nilai atau value bagi konsumen yang mengikuti seluruh media sosialnya.

Pada akhirnya, keberhasilan pemasaran di media sosial tergantung pada bagaimana konsumen memandang brand Anda. Gambar yang konsisten, otentik, dan menarik akan lebih menonjol di media sosial dibandingkan dengan kampanye atau iklan terencana yang cepat pudar. Gambar terbukti membuat linimasa media sosial Anda akan tampak lebih hidup. Komunikasi visual adalah kunci keberhasilan pemasaran di media sosial.

Bagaimana cara mendapatkan gambar yang menonjol di media sosial?

Ada banyak aplikasi untuk mengedit gambar secara online dan offline yang banyak digunakan oleh pemasar dan desainer grafis. Dalam pemasaran media sosial, kebutuhan alat pengeditan gambar ini sangatlah penting dan banyak orang sudah menguasai dasarnya. Namun, permasalahan yang sering dihadapi oleh perusahaan adalah bagaimana cara meningkatkan penjualan melalui gambar, atau membuat konten kreatif dalam skala besar (large scale creative) tetapi tetap memiliki kualitas yang baik, sampai bagaimana caranya membuat visual yang cocok untuk target pasar yang baru. Ditambah lagi, menyelesaikan seluruh proses pemasaran di media sosial tersebut dalam tenggat waktu yang pendek tidaklah mudah.

Kami, Darshana Design Studio, dapat membantu menyelesaikan masalah tersebut dengan menjadi mitra perusahaan Anda. Kami dapat menghasilkan banyak gambar berkualitas tinggi dengan waktu yang singkat, dapat membuat kreatif dengan tingkat kesulitan yang berbeda dalam hitungan menit, dan dapat merumuskan konten visual yang sejalan dengan brand Anda. Jika Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang kreatif dan konten visual yang menarik, kami siap membantu untuk memberikan informasi.

START YOUR FREE TRIAL WITH US

About DDS Editorial Team

Brand Visual Strategist

at Darshana Design Studio

Hubungi dan kenali lebih banyak tentang kami di: studiodarshana.id

 

References:

Sawyer, Stacey C. & Williams, Brian K. (2001). Using Information Technology. Mikroblog. Retrieved from

https://id.wikipedia.org/wiki/Mikroblog

Mohsin, M. 10 Social Media Statistics You Need to Know in 2020 [Infographic]. Retrieved from

https://www.oberlo.com/blog/social-media-marketing-statistics

Instagram Business (Ed.). How to Understand Your Audience and Drive Business Results on Instagram. Retrieved from

https://business.instagram.com/blog/how-to-understand-your-audience-and-drive-results-on-instagram/

Ravi, K. Why is Wendy's So Freaking Good at Social Media? Retrieved from

https://blog.unmetric.com/wendys-social-media

Dua, T. Why Wendy's went upscale on Instagram. Retrieved from

https://digiday.com/marketing/wendys-instagram/

 

DARSHANA DESIGN STUDIO

logo DDS (header YT).jpg

In collaboration with

dfce57d9-72b0-40b6-ac40-59b7fdfd4179-149

CoHive @ POS INDONESIA

Jl. Lapangan Banteng Utara No. 1, Ps. Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, 10710, Indonesia