Darshana Logo

Seberapa Penting Influencer Marketing untuk Bisnismu?

By:

Darshana Editorial Team

I

Nov 30, 2022

I

4

min. read

Contributor:

Ratih Dwi Jayanti

Darshana Editorial Team

Previous Post

Grow your business with Darshana!

  • Ratih Dwi Jayanti

Seberapa Penting Social Media Marketing untuk Brand-mu?

Social media is everywhere! Sudah semakin banyak pengguna social media apalagi dengan banyaknya pilihan platform social media yang memiliki ciri khasnya masing-masing. Salah satu manfaat social media secara personal adalah kamu bisa mengekspresikan dirimu dengan hal-hal yang kreatif dan juga menarik. Selain itu, manfaat lain sosial media juga untuk mendapatkan informasi terkini atau pun dapat menyaksikan konten-konten menghibur.


Hal tersebut hanyalah segelintir manfaat social media yang bisa kamu dapatkan secara personal atau pribadi. Sekarang social media sudah lebih besar manfaatnya dan fungsinya, terlebih lagi untuk kesuksesan bisnismu. Pernah kah kamu mendengar term social media marketing’? Ya, social media marketing bisa membawa dampak yang sangat efektif untuk keberlangsungan bisnismu. Di era yang serba digital, ada baiknya brand-mu memasukkan social media marketing dalam berbisnis karena social media marketing ini penting. Berikut alasan mengapa social media marketing penting untuk bisnismu.


Social Media Marketing
Credit: Shutterstock
Social Media Marketing

Sebelum mencari tahu alasan pentingnya social media marketing untuk bisnismu, yuk, cari tahu pengertian social media marketing terlebih dahulu.


Dilansir dari situ Buffer, pengertian social media marketing adalah penggunaan platform media sosial agar terhubung dengan audiens untuk branding, meningkatkan penjualan, dan mengarahkan traffic situs web. Hal ini melibatkan penerbitan konten yang menarik di profil media sosial yang kamu miliki, mendengarkan dan engage dengan follower-mu, menganalisis hasil engagement dari social media, dan menjalankan iklan media sosial.


Singkatnya, social media marketing adalah teknik atau strategi dalam pemasaran dalam bisnismu tetapi melalui social media. Jika sebelum era digital pemasaran atau marketing hanya dapat dilakukan secara konvensional, (pamflet, banner, atau brosur), sekarang kamu bisa memasarkan bisnismu bahkan lewat social media dengan social media marketing ini. Tentu saja pada praktiknya, social media marketing ini tidak semudah kamu scrolling social media-mu. Banyak aspek, strategi, hingga teknik yang harus diperhatikan agar hasilnya optimal.


Namun, walaupun tidak semudah itu, bukan berarti kamu harus mengurungkan niat untuk mencoba mengaplikasikan social media marketing pada bisnismu karena social media marketing ini penting, lho, untuk bisnismu.


Social Media
Credit: Shutterstock
Alasan Social Media Marketing Penting untuk Bisnismu

Jika di era yang serba digital social media marketing dibutuhkan dan dianggap penting, maka apa saja alasannya?

  1. Membangun Sekaligus Meningkatkan Brand Awareness Salah satu pentingnya penggunaan social media marketing adalah dapat membangun dan bahkan meningkatkan brand awareness. Kebanyakan orang mau membeli sebuah produk dari brand terkenal atau pun establish karena dianggap lebih terpercaya. Oleh karena itu, membangun branding dengan social media marketing adalah salah satu cara yang tepat. Jika kamu baru saja meluncurkan brand, maka social media marketing ini bisa membantu kamu untuk membangun brand awareness agar orang-orang dapat berkenalan dengan brand-mu. Jika kamu sudah membangun brand-mu lumayan lama, social media marketing dapat lebih meningkatkan brand awareness. Terlebih lagi, dengan mengunggah produk-produkmu di social media, calon pelanggan dapat lebih mengingat brand-mu dan lebih menganggap brand-mu.

  2. Mendapat Feedback Langsung Setelah start dengan brand awareness, efek selanjutnya yang akan kamu dapatkan dari social media marketing adalah feedback yang bahkan bisa kamu dapatkan secara cepat. Feedback di sini merupakan engagement yang kamu dapatkan, seperti berapa orang yang like posting-anmu, berapa akun yang follow akun brand-mu. Audiens yang memberikan komentar pada social media brand-mu merupakan bagian dari feedback yang kamu dapatkan. Dari komentar-komentar tersebut, kamu bisa melihat mana produk yang paling unggul dan mana produk yang butuh improvement. Feedback ini bisa menjadi tolak ukur strategi brand-mu untuk ke depannya.

  3. Platform untuk Storytelling Brand-mu Dalam digital marketing, storytelling merupakan salah satu aspek yang krusial. Social media marketing memberikan kamu platform untuk menceritakan brand kamu ke customer agar mereka lebih kenal dengan brand-mu. Storytelling dapat dikatakan penting karena dapat menceritakan serta memberi tahu audiensmu mengenai produk atau jasa yang kamu buat dengan cara yang menarik. Menggunakan social media merupakan cara yang baik untuk membagikan misi brand-mu. Storytelling ini menjadi cara yang efektif dan dapat berdampak besar pada branding-mu.

  4. Membantu untuk Mengumpulkan Data Audiensmu Sekarang kamu dengan mudahnya dapat mengumpulkan data audiensmu, seperti gender mereka, kisaran umur, hingga interest-nya. Terlebih lagi, setiap platform sekarang sudah menyediakan tools insight agar membantu kamu untuk menganalisis informasi-informasi yang kamu dapatkan. Kamu bisa memanfaatkan insight ini untuk strategi ke depannya agar social media marketing strategimu dapat lebih efektif dan optimal.

  5. Research Competitor Social media marketing juga dapat membantu kamu untuk mempelajari kompetitormu karena sudah banyak brand sudah banyak memanfaatkan social media untuk memasarkan produknya. Bahkan dengan social media marketing, kamu dapat menggunakan analytic tools yang berbeda untuk melihat perbandingan antara brand-mu dengan kompetitormu.

  6. Membantu Kamu Tetap Up to Date Untuk bisa bersaing di era digital ini, brand-mu harus tetap relate dengan calon pelanggan. Oleh karena itu, up to date dengan apa yang terjadi di platform social media sangat lah penting agar brand-mu tetap kompetitif.

Itu lah definisi social media marketing dan alasan mengapa social media marketing itu penting buat brand-mu. Jika kamu ingin brand-mu lebih establish, up to date, dan kompetitif dengan brand lain, maka tidak ada salahnya untuk mencoba strategi social media marketing.


 

Referensi

Mekky, Michelle. “How Social Media Marketing Can Help With Business Growth

“. 2022. https://www.forbes.com/sites/forbesagencycouncil/2022/08/25/how-social-media-marketing-can-help-with-business-growth/?sh=35bea5422ed2


Wutzke, MacKenzie. “20 Important Social Media Marketing Benefits You Need”. 2021.

https://coschedule.com/blog/benefits-of-social-media-marketing-for-business


CyberMark. “Why is Social Media Important for Your Business in 2022?”. 2022. https://www.cybermark.com/blog/why-is-social-media-important-for-your-business-in-2022/