Edit Background pada Foto, Terlihat Sulit Tapi Berpengaruh Besar

BY: DDS EDITORIAL TEAM | JULY 19, 2020

Share this article

Capture.PNG

Credit: Freepik

Sebelumnya kami telah membahas tentang pengaruh peletakan produk pada background putih dalam sebuah gambar yang Anda post di laman E-commerce Anda. Kami pun telah membahas tentang tipe-tipe edit foto yang berpengaruh dalam kampanye Ads di halaman Facebook Anda melalui webinar yang kami adakan. Kali ini, kami akan berbagi dengan Anda tentang bagaimana cara membuat edit background pada foto dengan mudah dan mengapa jenis editing ini membawa pengaruh pada konten Anda.

 

Banyak Jalan Menuju Roma

Bila Anda pernah mencoba mencari tahu tentang cara mengedit background pada foto, Anda pasti familiar dengan aplikasi-aplikasi yang sudah tersedia untuk dipasang pada gadget Anda. Sebut saja PhotoPea, Photoshop, CorelDraw, dan lain sebagainya. Untuk aplikasi yang khusus untuk olah foto seperti Photoshop; mungkin akan cenderung lebih sulit untuk digunakan bagi pemula, karena Photoshop memiliki banyak tools, fitur, dan tahap-tahap yang cukup rumit untuk dipelajari terlebih dahulu. Maka dari itu, khalayak cenderung lebih memilih untuk menggunakan fitur edit background atau background remover yang tersedia online. Sebagai contoh, Anda bisa akses Photoscissors, Canva, remove.bg, dan lain-lain. Bukan hanya itu saja, kini sudah ada alternatif lain yang tersedia dengan menggunakan AI pada suatu aplikasi, yaitu seperti fitur filter pada Instagram dan Snapchat.

Credit: pocket-lint.com

Sayangnya, cepat dan mudah tidak bersanding dengan hasil yang sempurna.

Credit: Unsplash.com

Walau dengan gesitnya perubahan teknologi berjalan, sayangnya masih ada beberapa bagian yang pada akhirnya tidak bisa sepenuhnya diproses oleh mesin. Pun demikian, peneliti MIT, Adobe, dan Microsoft sudah berhasil menciptakan fitur background remover instan dengan menggunakan teknologi semantic soft segmentation. Dalam artikel disebutkan, fitur ini sudah layak digunakan untuk media sosial, walau belum sempurna. Aplikasi Photoshop versi CC 2018 dan selanjutnya dari Adobe pun sebenarnya sudah memiliki fitur “Select Subject” untuk mempermudah proses seleksi gambar.

Credit: peta-pixel.com

Untuk sekedar penyeleksian objek dengan bentuk yang mudah dijiplak, kami merekomendasikan fitur ini untuk digunakan. Namun untuk hasil yang lebih maksimal, kami tetap menyarankan untuk menggunakan ketajaman mata manusia dalam menyeleksi objek. Dikarenakan bagian-bagian yang halus/tipis seperti rambut, bulu hewan, dan lainnya masih memerlukan pengkoreksian warna dan pixel, terlebih lagi bila warna background tidak kontras dengan objek.

Tips & Trik mudah menggunakan Tools & Fitur pada Photoshop

Photoshop adalah aplikasi pilihan yang paling akan kami rekomendasikan untuk Anda gunakan terkait edit background. Selain memiliki banyak fitur, kini fitur tersebut pun sudah memberikan banyak kemudahan bagi pengguna. Salah satunya seperti fitur “Select Subject” yang ada di dalam fitur “Select and Mask”. Berikut ini tahap tools & fitur yang kami rekomendasikan untuk Anda gunakan.

  • Pen Tool

Credit: author

Pen tool adalah tool yang paling penting dan terutama akan kami rekomendasikan untuk proses seleksi. Menggunakan pen tool memastikan seleksi Anda rapi dan tepat, dapat diatur ulang, dan bentuk jiplakan Anda dapat digunakan kembali bila diperlukan. Pen tool memang membutuhkan waktu yang lebih lama dalam proses penjiplakannya, namun khusus untuk barang-barang dengan bentuk yang simpel, kami merekomendasikan Pen Tool.

  • Quick Mask

Berbeda dengan Pen Tool yang prosesnya seperti menjiplak bagian luar objek, Quick Mask diciptakan untuk proses seleksi yang seperti mewarnai bagian dalam objek. Untuk menggunakan Quick Mask, Anda bisa menggunakan shortcut “Q” atau klik pada ikon di sebelah ikon masking, dan brush dengan warna hitam pada objek yang diinginkan. Brush ini seharusnya berwarna merah ketika fitur Quick Mask sudah aktif. Kami merekomendasikan Quick Mask untuk seleksi objek yang sulit dijiplak dengan pen tool.

  • Curve Adjustment untuk Objek Transparan

Selengkapnya, kami pernah membagikan tutorial ini di channel Youtube kami. Curve Adjustment adalah cara yang tepat untuk menyeleksi objek transparan, dikarenakan objek transparan akan selalu membawa warna/elemen bawaan dari background yang lama.

  • Lasso

Tool Lasso memiliki proses yang hampir mirip dengan Pen Tool, namun hasil jiplakannya tidak akan terekam seperti Pen Tool. Hasil jiplakannya tidak bisa diatur kembali, dan menyebabkan pengguna harus menjiplak kembali dari titik mula. Kendati demikian, kami akan merekomendasikan Tool Lasso untuk sekadar Quick Fix karena kecepatan penggunaannya.

  • Magic Wand

Magic Wand adalah tool yang paling umum digunakan oleh pengguna pemula Photoshop. Selain cepat dan hampir akurat dalam menyeleksi objek, Magic Wand juga memiliki fitur “Add/Remove Selection” yang memungkinkan pengguna untuk mengubah seleksinya dengan mudah. Walau hasil seleksinya akan kurang baik, tapi proses ini paling mudah dan cepat untuk dilalui. Kami menyarankan untuk membetulkan seleksi Anda menggunakan fitur “Select & Mask” bila Anda menggunakan Magic Wand.

Jika Anda merasa kurang puas dengan hasil seleksi Anda, atau tidak memiliki waktu untuk menggunakan Pen Tool, Anda bisa menghubungi kami untuk menggunakan jasa editor professional kami di Studio Darshana.

START YOUR FREE TRIAL WITH US

About DDS Editorial Team

Image Specialist 

at Darshana Design Studio

 

DARSHANA DESIGN STUDIO

logo DDS (header YT).jpg

In collaboration with

dfce57d9-72b0-40b6-ac40-59b7fdfd4179-149

CoHive @ POS INDONESIA

Jl. Lapangan Banteng Utara No. 1, Ps. Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, 10710, Indonesia