Darshana Logo

Seberapa Penting Influencer Marketing untuk Bisnismu?

By:

Darshana Editorial Team

I

Nov 30, 2022

I

4

min. read

Contributor:

Ratih Dwi Jayanti

Darshana Editorial Team

Previous Post

Grow your business with Darshana!

  • Ratih Dwi Jayanti

5 Alasan Mengapa Bisnismu Perlu Menggunakan Paid Ads

Jika kamu memiliki bisnis, maka salah satu cara wajib yang harus kamu lakukan untuk mempromosikan bisnismu adalah dengan beriklan. Dengan cara ini, kamu akan mendapatkan keuntungan, salah satunya adalah produkmu akan lebih dikenal secara luas oleh masyarakat.


Di zaman yang serba digital ini, persaingan bisnis semakin ketat karena semakin mudahnya pelanggan mengakses suatu produk atau jasa yang diinginkan hanya melalui layar handphone ataupun laptop. Begitu juga dengan beriklan yang sudah bisa dilakukan dengan cara digital. Kamu pun perlu mencoba untuk menggunakan paid advertising atau paid ads untuk lebih meningkatkan keefektifan online advertising dari brand/produkmu. Lalu, apa saja keuntungan menggunakan paid ads?


Keuntungan Paid Ads
Source: shuttertock
Apa Itu Paid Ads?

Sebelum mencari tahu keuntungan menggunakan paid ads, ada baiknya kamu berkenalan terlebih dahulu dengan paid ads.


Saat kamu scrolling Instagram, Facebook, atau Google, atau bahkan saat klik suatu link, pernahkan kamu melihat ada headline bertuliskan ‘ad’? Itulah yang disebut dengan paid advertising.


Sesuai dengan namanya, paid advertising adalah iklan berbayar yang disediakan oleh beberapa platform digital. Singkatnya, jika kamu mau pasang iklan di salah satu platform digital yang kamu pilih, Google misalnya, kamu harus membayar ke Google untuk memasang iklan.


Paid advertising ini merupakan salah satu strategi marketing berbayar dengan cara tercepat untuk membantu calon pelanggan menemukan brand dan produk/jasa yang kamu tawarkan. Paid advertising memungkinkan kamu untuk menargetkan audiens secara spesifik dibandingkan menemukan audiens secara organik karena biasanya dengan cara organik kamu lebih banyak menunggu dan itu terlalu memakan waktu. Beberapa jenis paid ads yang biasa dipilih:

  • Display Ads

  • Search Ads

  • Social Ads

  • Instream Ads

  • Local Search Ads


5 Alasan Mengapa Kamu Harus Menggunakan Paid Ads

Apakah kamu masih ragu untuk menggunakan paid ads? Jangan ragu lagi karena dapat dikatakan bahwa paid ads ini merupakan bagian terpenting bagi strategi marketing-mu dan kamu akan mendapatkan keuntungan jika menggunakan paid ads. Simak 5 alasan mengapa kamu harus mulai menggunakan paid ads:

  1. Mendapatkan Hasil yang Lebih Cepat Dibandingkan dengan organic promotion atau organic reach yang biasanya membutuhkan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun untuk melihat dan mendapatkan hasilnya, paid advertising memungkinkan kamu mendapatkan evaluasi yang lebih cepat dan tingkat efisiensi yang lebih baik tepat setelah campaign naik. Contoh mudahnya, jika kamu mempromosikan produkmu di Instagram Stories, kamu bisa langsung cek berapa orang yang sudah melihat produkmu. Paid ads juga memungkinkan kamu untuk menempatkan iklan dengan kata kunci dan mendatangkan traffic berkualitas tinggi ke situs atau platform bisnismu.

  2. Target Audiens Lebih Spesifik dan Terperinci Paid advertising memberikan kamu kesempatan untuk memilih target audiens secara spesifik dan terperinci, misalnya dari segi demografi, jenis kelamin, usia, minat, hingga preferensi yang diperlukan oleh calon pelangganmu. Dengan penargetan audiens yang spesifik seperti ini, kamu bisa menjangkau audiens yang lebih relevan, yang tertarik dengan produk dari brand-mu, dan bisa menyesuaikan dengan demografi calon pelanggan yang sesuai dengan persona brand-mu. Dengan menargetkan audiens sesuai dengan persona brand-mu, kamu tidak perlu membuang waktu lebih banyak untuk mencari calon pelanggan. Dengan cara ini juga kamu bisa mendapatkan lead yang lebih berkualitas yang bisa meningkatkan konversi. Jika audiens yang kamu mau sudah menjadi visitor atau sudah mengklik iklan yang kamu jalankan, kamu bisa menargetkan ulang campaign yang kamu jalankan untuk terus melibatkan calon pelanggan yang sudah menunjukan minat pada produk atau jasa yang kamu tawarkan.

  3. Jangkauan Global Lebih Luas Paid advertising memungkinkan kamu untuk berkolaborasi dengan bisnis dari industri serupa di seluruh dunia karena faktor utama dari penempatan iklan adalah relevansi. Kamu juga dapat dengan mudah menemukan audiens baru. Ini merupakan kesempatan yang menguntungkan karena semakin produkmu dikenal oleh banyak orang, akan semakin besar kesempatan untuk mendapatkan pelanggan. Jika sudah mendapatkan pelanggan, tingkat konversi atau penjualan juga akan lebih baik.

  4. Lebih Terukur dan Optimal Semua platform paid ads memiliki fitur tracking yang akan memudahkan kamu untuk mengukur keberhasilan campaign yang kamu jalankan. Singkatnya, kamu dapat memantau jumlah pengguna yang melihat iklan, mengklik, dan audiens yang melakukan konversi dan pada akhirnya menjadi pelanggan tetap. Dengan cara ini, kamu akan memiliki gambaran yang jelas tentang bagaimana hasil dari upaya marketing yang kamu lakukan dan bisa mengubah strategi marketing jika memang dibutuhkan. Fitur tracking ini juga dapat memberikan ‘penjelasan’ iklan dengan campaign apa dan di platform mana yang lebih efektif dan menguntungkan sehingga kamu dapat mengalokasikan budget iklan di platform dengan hasil yang terbaik. Fitur tracking ini juga akan memudahkan kamu untuk menghitung Return of Investment (ROI) dari dana yang telah kamu gunakan untuk kegiatan promosi iklan.

  5. Pilihan Platform yang Beragam Facebook, Google, Instagram, LinkedIn, Youtube, Twitter, dan platform media sosial lainnya sekarang sudah menyediakan paid ads. Dari banyaknya pilihan platform yang menyediakan paid ads, berarti semakin banyak juga kesempatan yang bisa kamu ambil untuk melihat di platform mana paid ads yang paling efektif. Paid ads yang disediakan oleh berbagai macam platform ini juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnismu bahkan bisa juga disesuaikan dengan value yang bisnsismu bawa untuk pelanggan. Kamu juga dapat menentukan sendiri kapan dan di mana iklan tersebut akan muncul. Hal ini pastinya akan memudahkan kamu dalam mengontrol dan memonitor campaign ads yang dijalankan.


Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memutuskan untuk Menggunakan Paid Ads

Setelah tahu keuntungan paid ads, kamu juga perlu mempertimbangkan beberapa hal saat memutuskan untuk memasang paid ads.

  • Pastikan untuk memanfaatkan fitur targeting secara terperinci

  • Jika kamu menggunakan paid ads untuk pertama kalinya, mulailah dengan campaign dengan skala kecil terlebih dahulu agar bisa melihat iklan mana yang sesuai dengan target pelangganmu.

  • Saat pelanggan sudah berinteraksi dengan brand/produkmu secara organik, pastikan di langkah selanjutnya untuk menggunakan retargeting atau penargetan ulang.

  • Gunakan tools analytics untuk memantau hasil campaign paid ads-mu.

  • Pilih channel media sosial berdasarkan target audiensmu.

  • Alokasikan budget marketing-mu secara tepat sesuai dengan goals dari tiap campaign ads-mu.

 
Referensi

Chubby Rawit. “Paid Ads: Apa dan Mengapa Penting?”, 2019,

https://chubbyrawit.id/paid-ads-apa-dan-mengapa-penting/


Riyanto, Teguh. “Mengapa Brand perlu Menggunakan Iklan Digital?”, 2020,

https://marketingcraft.getcraft.com/id-articles/mengapa-brand-perlu-menggunakan-iklan-digital


Square Contributor. “What Is Paid Marketing? Strategies To Reach Your Business Goals”, 2020, https://www.forbes.com/sites/forbesagencycouncil/2021/03/12/three-reasons-you-should-be-advertising-on-social-media-in-2021/?sh=75b9c52b3f52