Darshana Logo

Learn The Best Type of Editing Product Images for Your E-Commerce Business

Article

By:

Darshana Editorial Team

I

Jun 14, 2020

I

3

min. read

Contributor:

Catherine Erikania

Darshana Editorial Team

Previous Post

Grow your business with Darshana!

Buat Iklan Digital di Marketplace untuk Tingkatkan Bisnismu


Marketplace ads
Source: Wix

Sebagai pemilik bisnis, kamu perlu bermain pintar saat ingin memasarkan dan menjual produk-produkmu. Selain berjualan secara offline atau memiliki offline store, berjualan secara online dan memiliki online shop merupakan hal yang harus kamu lakukan di zaman yang serba digital ini. Dengan memiliki online shop, aktivitas jual beli jadi lebih mudah dan bisa lebih menguntungkan. Cara kerja online shop juga tidak sulit dan bisa dipraktekan oleh siapapun.


Selain memiliki online shop, salah satu cara untuk memasarkan produkmu adalah dengan menjualnya di marketplace. Di Indonesia sendiri sudah banyak marketplace yang bisa kamu pilih sesuai dengan kriteria bisnismu. Namun, saat kamu memasarkan produkmu di marketplace, kamu tidak bisa secara sembarangan memasarkan produkmu karena kamu harus bersaing dengan ribuan bahkan jutaan pemilik bisnis lainnya untuk menarik perhatian calon pembeli. Oleh karena itu, beberapa strategi pun dibutuhkan agar kegiatan pemasaran dapat dilakukan secara maksimal. Salah satu di antaranya adalah dengan memasang iklan digital di marketplace yang biasa disebut dengan marketplace ads.


Apa itu Marketplace Ads?

Bisnis dan iklan seperti satu paket karena tidak ada bisnis yang tidak membutuhkan iklan. Fungsi iklan pada bisnis adalah untuk mempromosikan produkmu secara kreatif sehingga calon pelanggan tertarik dengan produkmu dan akhirnya menjadi pelanggan tetap. Hal ini juga berlaku bagi kamu yang menjalankan bisnis secara online dan memiliki online shop. Kamu memerlukan iklan digital untuk menarik perhatian audiens dan iklan digital yang kamu punya bisa dioptimalisasi di berbagai channel. Iklan digital pun memiliki berbagai jenis, salah satunya adalah marketplace ads.


Marketplace ads adalah salah satu layanan yang ditawarkan oleh situs belanja online untuk mempermudah pemasaran produkmu. Produk yang dipasarkan akan muncul secara otomatis saat pengguna mencari atau melihat barang yang serupa dengan kriteria produk yang kamu promosikan. Hal ini tentunya sangat berguna untuk mendorong brand awareness hingga konversi dari brand-mu.


Tokopedia adalah salah satu contoh marketplace yang menawarkan in-platform ads yang bisa kamu manfaatkan untuk menjual sekaligus mempromosikan produkmu. Sebagai salah satu marketplace dengan banyak pengunjung di Indonesia, Tokopedia dengan TopAds-nya menawarkan keefektivitasan menjalankan iklan dengan cara sekali klik dan menjanjikan agar produkmu bisa dicari banyak pembeli.


Kenapa Harus Mengoptimalkan Bisnismu dengan Marketplace Ads?

Dilansir dari Facebook, ada beberapa kelebihan yang bisa kamu dapatkan jika memanfaatkan marketplace ads:

  1. Dapat Menjangkau Pelangganmu di Tempat Mereka Aktif Berbelanja Kamu bisa memperluas iklan Facebook dari New Feed ke marketplace sehingga orang-orang akan melihat iklanmu bersama produk dan layanan relevan lainnya di marketplace. Mereka pun memiliki opsi untuk mengklik situs web atau aplikasi dari brand-mu untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

  2. Dapat dengan Mudah Menskalakan Iklanmu dengan Penempatan Otomatis Kamu dapat dengan mudah menskalakan iklan di seluruh rangkaian aplikasi dan layanan Facebook dengan memanfaatkan materi iklan, penargetan, dan pengoptimalan yang sama. Ini akan memungkinkan iklanmu muncul di Facebook News Feed, Facebook Marketplace, Instagram, Messenger dan Audience Network.

  3. Mendapatkan Hasil yang Lebih Efisien Saat beriklan di seluruh rangkaian aplikasi dan layanan Facebook, kamu dapat menjangkau pelanggan di mana pun mereka berada dan memberikan lebih banyak peluang untuk mencapai hasil yang lebih efisien.


Jika kamu ingin belajar dan mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai marketplace ads, kamu bisa melihat webinar yang Darshana selenggarakan pada Kamis, 24 Maret 2022 lalu dengan judul “Supercharge Your Marketing Game Through Marketplace Ads”. Di webinar ini, kami membahas seputar hal-hal yang berkaitan dengan marketplace ads seperti cara pemasangan iklan, pengintegrasian dengan CPAS, hingga metrik-metrik apa saja yang perlu diperhatikan untuk menilai tingkat kesuksesan iklan.


Bagi kamu yang belum sempat mengikuti webinar, kamu bisa menonton rekaman dari webinar serta membaca materi webinar dalam bentuk presentasi melalui video dan slide di bawah ini.




 
Referensi:

Steiner, Eyal. “A Classified Look at the Facebook Marketplace”, 2021, https://www.similarweb.com/corp/blog/research/market-research/facebook-marketplace/