top of page
Darshana Logo

5 Tips Mengoptimalkan Iklan Facebook

By:

Darshana Editorial Team

I

Jan 27, 2023

I

6

min. read

Contributor:

Darshana Editorial Team

Previous Post

Grow your business with Darshana!

  • Ratih Dwi Jayanti

Seberapa Penting Influencer Marketing untuk Bisnismu?

Jika kamu berbisnis dan memutuskan untuk memasarkan produk-produkmu melalui Instagram atau platform lainnya, itu berarti kamu sudah terjun ke dalam internet marketing yang ada di dalam dunia digital marketing. Di dalam internet marketing, terdapat salah satu teknik marketing lainnya yang sudah sering digunakan oleh para pemilik brand, yaitu influencer marketing.


Di era digital seperti sekarang ini sudah menjadi hal yang familiar jika para pebisnis dan pemilik brand memanfaatkan influencer marketing karena ini dapat meningkatkan tingkat penjualan. Para influencer bisa menarik perhatian audiens untuk mengikuti mereka di social media sehingga brand yang bekerjasama dengan influencer, otomatis juga dapat menjangkau audiens yang dimiliki oleh influencer.


Lalu, apakah benar influencer marketing sebegitu efektifnya untuk brand? Jika kamu tertarik untuk menggunakan influencer untuk pemasaran produkmu, yuk, simak penjelasan di bawah ini!


 Influencer Marketing
Credit: Pexels
Apa itu Influencer Marketing?

Jika dikutip dari Forbes, influencer marketing adalah hubungan antara sebuah brand dengan influencer. Para influencer mempromosikan produk atau servis brand melalui berbagai media, seperti Instagram dan Youtube.


Pada dasarnya, influencer marketing adalah strategi pemasaran yang menggabungkan dua cara marketing, di mana sebuah brand bekerja sama dengan seseorang yang ahli dan capable dalam bidangnya untuk mempromosikan bahkan hingga menjual produk dari brand tersebut. Cara ini sekarang sudah dilakukan lebih menarik dengan memanfaatkan platform online, seperti Instagram, TikTok, Youtube, dan lainnya. Orang yang memiliki peran untuk mempromosikan produk atau jasa dari kerja sama dengan sebuah brand disebut dengan influencer.


Semakin berkembangnya dunia digital, seorang influencer tidak perlu dari dunia selebriti yang notabenenya sudah memiliki nama besar. Sekarang semua orang sudah bisa menjadi influencer asalkan mereka memiliki kemampuan untuk meng-influence dan pengetahuan lebih tentang industri yang sedang di-handle. Tolak ukur seorang influencer dinilai dari jumlah followers-nya. Dari kemampuannya meng-influence audiens ditambah dengan jumlah followers, brand akhirnya tertarik untuk mengajak influencer untuk bekerja sama.


Mengapa Influencer Marketing Penting dan Efektif?

Secara general, keuntungan dari mengaplikasikan influencer marketing ke salah satu strategi marketing brand-mu adalah engagement dan exposure yang didapatkan untuk brand-mu. Namun, apakah itu saja keuntungannya? Berikut alasan mengapa influencer marketing efektif dan works untuk brand-mu.

  1. Menaikkan Brand Awareness & Engagement Tentu saja hal pertama yang bisa kamu dapatkan adalah mendapatkan engagement yang lebih tinggi dibandingkan dengan tidak menggunakan influencer marketing sama sekali. Dengan influencer membantu kamu untuk mempromosikan brand-mu, tentu saja para audiens yang dimiliki influencer tersebut akan lebih aware dengan keberadaan brand-mu. Ditambah lagi, jika kamu memilih influencer yang tepat untuk niche-mu, brand-mu akan mendapatkan audiens yang loyal dan bisa mendapatkan respect dari target audiensmu.

  2. Mendapatkan Nilai ROI yang Lebih Besar Jika sudah lama berkecimpung di dalam dunia digital marketing, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan ROI yang menjadi salah satu metrik penting dalam digital marketing. Dengan memanfaatkan influencer marketing dalam strategi marketing-mu, akan sangat memungkinkan kamu untuk mendapatkan nilai ROI yang besar. Dikutip dari website The E Word, TapInfluence dan Nielsen Catalina Solutions melakukan studi dan menemukan bahwa marketing influencer menghasilkan $285 per 1.000 tayangan sehingga memberikan ROI 11 kali lebih banyak daripada metode pemasaran digital alternatif.

  3. Lebih Mudah Menjangkau Target Audiens Semakin majunya zaman, maka akan semakin mudah kita mendapatkan sesuatu. Apalagi ditambah dengan adanya internet dan semua yang serba digital sangat memudahkan para pebisnis atau pemilik brand untuk memasarkan produknya. Ditambah lagi dengan popularitas berbagai platform social media yang bisa kamu manfaatkan sebagai sarana untuk memasarkan produkmu. Namun, dengan banyaknya platform yang ada terkadang akan mempersulit brand untuk menjangaku para target audiens-nya karena mereka bebas memilih platform mana yang mereka sukai. Influencer marketing menawarkan solusi untuk masalah tersebut karena para influencer ini dapat membantu brand menemukan dan mengiklankan langsung ke audiens target yang brand inginkan. Mengiklankan produk atau jasa melalui influencer memungkinkan brand untuk berpromosi melalui seseorang yang dipercaya oleh audiens karena para audiens ini merasa dilibatkan dengan konten yang ada. Jadi, dengan memanfaatkan influencer marketing, kamu akan mendapatkan kepercayaan dari audiens dan juga dapat lebih mudah menjangkau serta relate dengan audiens.

  4. Biaya Marketing yang Cenderung Terjangkau Salah satu faktor yang selalu diperhatikan para pemilik brand saat ingin mempromosikan produknya adalah biaya yang harus dikeluarkan untuk mengiklankan atau memasarkan jasa dan produk. Pemasaran secara konvensional, misal mengiklankan produk di TV atau billboard biasanya lebih memakan lebih banyak biaya dibanding dengan digital marketing. Influencer marketing sendiri yang termasuk dalam digital marketing memiliki beragam pilihan harga tergantung jenis influencer mana yang kamu pilih untuk brand-mu. Umumnya influencer menetapkan harga sesuai dengan jumlah followers-nya. Semakin besar followers yang influencer tersebut miliki, maka akan semakin tinggi juga biaya yang kamu perlu keluarkan. Namun, jika dibandingkan dengan memasang iklan di TV atau billboard, influencer marketing ini cenderung lebih terjangkau.

  5. Menambahkan Value yang Autentik ke Brand-mu Brand yang autentik adalah brand yang mudah diingat oleh audiens. Dalam hal ini influencer marketing memiliki kemampuan untuk membantu brand kamu menambahkan value yang autentik di mata audiens. Tidak peduli seberapa bagus dan autentik brand-mu tetapi jika tidak ada orang ke-3 yang membantu meyakinkan bahwa brand-mu autentik, maka audiens akan sulit percaya akan value autentik yang brand kamu miliki. Sebagai brand, kamu tidak bisa sendirian mengklaim bahwa, “produk kami bagus!”. Kamu perlu orang lain untuk membuktikannya agar audiens dapat lebih percaya. Para influencer ini dapat melakukannya.


Jadi, Apakah Brand-mu Perlu Memanfaatkan Influencer Marketing?

Jawabannya kembali lagi ke kebutuhan dari brand-mu dan juga budget yang kamu miliki. Jika marketing goals kamu salah satunya adalah brand awareness dan juga engagement, kamu bisa mempertimbangkan untuk mengaplikasikan strategi influencer marketing ini. Jika kamu juga mengalokasikan budget yang cukup untuk marketing, strategi influencer marketing ini juga tidak ada salahnya untuk dicoba.


 

Referensi

Mathew, Joel. “Understanding Influencer Marketing And Why It Is So Effective”. 2018. https://www.forbes.com/sites/theyec/2018/07/30/understanding-influencer-marketing-and-why-it-is-so-effective/?sh=23852e5e71a9


The E Word. “What is influencer marketing and how does it work?”.

https://www.theeword.co.uk/blog/what-is-influencer-marketing-and-how-does-it-work/

Nathania, Raisa. “Influencer Marketing: Pengertian, Keunggulan, dan Tips Penerapannya”. 2021. https://glints.com/id/lowongan/pengertian-influencer-marketing/#.Y39aDnZBzIU


bottom of page