Darshana Logo

Seberapa Penting Influencer Marketing untuk Bisnismu?

By:

Darshana Editorial Team

I

Nov 30, 2022

I

4

min. read

Contributor:

Ratih Dwi Jayanti

Darshana Editorial Team

Previous Post

Grow your business with Darshana!

  • Ratih Dwi Jayanti

TikTok Shop: Definisi, Alasan, dan Cara Mengaktifkannya

TikTok merupakan aplikasi video yang banyak digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Aplikasi yang terkenal dengan # FYP atau For Your Page ini banyak digunakan untuk tujuan entertainment. Dilansir dari website Tempo.co, pengguna aktif bulanan TikTok di Indonesia mencapai angka 99,1 juta orang pada April 2022. Dengan banyaknya pengguna, tentu saja aplikasi ini bisa menjadi salah satu platform yang memiliki potensi baik secara komersial.


Sebelumnya, beberapa aplikasi sudah meluncurkan fitur belanja supaya lebih komersial, contohnya Instagram Shopping. Fitur belanja ini menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan traffic hingga sales. Faktor-faktor ini tentu saja sangat baik untuk keberlangsungan strategi digital marketing.


TikTok sendiri, dengan penggunanya yang masif akhirnya meluncurkan fitur belanja yang dinamakan TikTok Shop. Apa itu TikTok Shop? Bagaimana cara daftar TikTok Shop? Apakah brand-mu perlu jual produk di TikTok Shop? Yuk, cari tahu!


Cara Daftar TikTok Shop
Credit: Shutterstock
Apa itu TikTok Shop?

Dilansir dari website TikTok, TikTok Shop adalah platform e-commerce sosial yang mengizinkan atau memfasilitasi penjual atau Merchants untuk menawarkan produk mereka kepada pengguna TikTok.


TikTok Shop sendiri memberikan kemudahan bagi para Merchants untuk mengakses ke pusat penjual atau seller center dan memanfaatkan fitur-fitur atau servis yang ada di seller center. TikTok Shop juga mengizinkan para Merchants untuk mengunggah dan mengelola informasi serta daftar produk untuk ditampilkan kepada para pengguna TikTok. Selain itu, TikTok Shop mengizinkan Merchants untuk:

  • Menerima pesanan dan mengakhiri penjualan kepada pembeli

  • Track dan mengelola order-an serta pengiriman

  • Memberikan customer services kepada pelanggan

  • Membuat promotion plan

  • Menggunakan fungsi dan fitur lain (misalnya Showcase) yang ditawarkan oleh TikTok Shop.


Singkatnya, kamu bisa menawarkan dan menjual produk-produkmu di platform TikTok Shop dan memanfaatkan fitur yang ada di dalam aplikasi TikTok agar mempermudah bisnismu.


Mengapa Kamu Perlu Berjualan di TikTok Shop?

Sebagai pemilik bisnis, ada baiknya selalu mengikuti perkembangan digital marketing agar kamu tidak tertinggal dengan kompetitormu. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan TikTok Shop untuk berjualan. Platform e-commerce sosial ini akan memudahkan kamu dalam menjalankan aktivitas jual beli. Berikut beberapa alasan lain mengapa kamu perlu berjualan di TikTok Shop:

  1. Membantu untuk Meningkatkan Brand Awareness TikTok Shop memiliki berbagai fitur hingga solusi untuk penjualan online yang cukup lengkap. Hal tersebut dapat membantu kamu sebagai pemilik bisnis atau brand untuk membuat berbagai promosi yang menarik untuk audiensmu. Dengan memanfaatkan semua ini, kamu dapat meningkatkan brand awareness hingga conversion.

  2. Engagement Rate yang Tinggi Jika kamu masih bertanya kenapa kamu harus menggunakan TikTok Shop untuk berjualan? Jawabannya sesederhana karena TikTok merupakan salah satu platform yang sangat besar dan memiliki engagement rate yang tinggi. Dengan engagement rate yang tinggi, tentu saja kamu dapat reach audiens secara lebih luas. Menurut laporan Hootsuite, per Januari 2022, TikTok menjadi social media yang paling engaging dengan sesi pengguna rata-rata 10.85 menit.

  3. Membantu Tetap Relevant dengan Audiens Menjadi platform yang paling masif, TikTok Shop dapat membantu kamu untuk tetap relevan dengan customer-mu karena kamu bisa selalu berpartisipasi dengan trend yang sedang hype. Produk yang baik adalah produk yang relevan dengan kebutuhan audiens.

  4. Dapat Menjangkau Pasar dan Konsumen Lebih Luas Kamu memiliki peluang yang lebih besar untuk memperluas jangkauan pasar dan konsumen karena platform TikTok merupakan platform yang paling banyak digunakan. Selain itu, kamu juga bisa menarik banyak pelanggan sehingga dapat meningkatkan tingkat penjualan.

  5. Memiliki Sistem Operasional yang Lengkap TikTok Shop memiliki sistem operasional yang lengkap dan juga informatif. Fitur-fitur yang ada juga dapat membantu kamu untuk menganalisis bisnis secara lengkap sehingga kamu bisa mengevaluasi bisnismu di TikTok Shop.


Cara Mengaktifkan TikTok Shop?

Setelah tahu alasan mengapa kamu perlu berjualan di TikTok Shop, yuk, simak bagaimana cara mengaktifkan TikTok Shop.

Cara daftar TikTok Shop lewat website:

  1. Kunjungi website TikTok Shop Seller dan daftarkan akun.

  2. Lalu, kamu bisa pilih "Daftar dengan Akun TikTok" atau "Sign Up with TikTok Account".

  3. Isi beberapa informasi tentang data diri kamu, seperti nomor telepon, alamat, e-mail, dan lainnya.

  4. Selanjutnya, kamu akan diminta untuk memasukkan informasi mengenai bisnis milikmu, seperti nama toko, alamat toko, jenis usaha, informasi produk, dan lainnya.

  5. Kamu akan diminta untuk verifikasi informasi pribadi dengan meng-upload foto KTP atau paspor.

  6. Sesudah terverifikasi dan terkonfirmasi, kamu dapat menggunakan fitur TikTok Shop untuk berjualan produk-produkmu.


Jika kamu sudah tahu cara-caranya, yuk, mulai coba berjualan produkmu di TikTok Shop untuk mendapatkan keuntungan dan kemudahannya. Jangan lupa untuk membuat strategi pemasaran agar kamu bisa menjangkau lebih banyak audiens dan juga meningkatkan penjualan.

 
Referensi

Raharja, Algonz. “Apa itu TikTok Shop? Ini informasi terlengkap beserta cara optimasi dan penggunaannya!”. 2022.

https://www.ekrut.com/media/tiktok-shop


Smith, Catriona. “What small businesses should know about selling on TikTok Shop”. 2022.

https://www.simplybusiness.co.uk/knowledge/articles/2022/08/selling-on-tiktok-shop-for-small-businesses/


Adegbuyi, Fadeke. “How TikTok Became a Shopping Platform“. 2022.

https://www.shopify.com/id/blog/tiktok-shopping


Highstreet.io. “Reasons Why You Should Start Selling On TikTok”. 2022.

https://highstreet.io/start-selling-on-tik-tok/