Darshana Logo

Learn The Best Type of Editing Product Images for Your E-Commerce Business

Article

By:

Darshana Editorial Team

I

Jun 14, 2020

I

3

min. read

Contributor:

Catherine Erikania

Darshana Editorial Team

Previous Post

Grow your business with Darshana!

Mengapa Ads Penting & Cara Membuat Ads yang Sukses

Iklan seakan menjadi langkah marketing yang tidak bisa dilepaskan dari sebuah bisnis. Peran iklan dalam bisnis dianggap sangat krusial karena dapat membantu memperkenalkan bisnis atau brand-mu ke audiens, dan bahkan iklan menjadi strategi marketing paling ampuh untuk membantu meningkatkan penjualan. Terlebih lagi jika kamu baru saja menjalankan bisnis dan belum banyak orang yang tahu eksistensi brand-mu atau produkmu, iklan seharusnya menjadi cara untuk kamu memperkenalkan produk-produkmu. Selain dapat meningkatkan brand awareness, kamu juga bisa menjelaskan atau memberikan deskripsi yang lebih mengenai produk unggulanmu melalui iklan. Jika target audiensmu tahu keberadaan brand-mu, tahu akan kelebihan produkmu yang bisa menjawab masalah mereka, penjualan dapat meningkat.


Performing ads
Credit: Shutterstock
Lalu, Apa Sebenarnya Definisi Iklan?

Jika dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, iklan adalah pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa (seperti surat kabar dan majalah) atau di tempat umum.


Singkatnya, iklan adalah media untuk memperkenalkan produk dari brand-mu ke target konsumen yang kamu inginkan. Bukan hanya sebatas memperkenalkan tetapi dari iklan juga kamu bisa memberikan informasi keunggulan dari produk yang kamu tawarkan.


Biasanya kamu bisa menemukan iklan di media massa, seperti koran, TV, radio, billboard, banner, bahkan brosur. Namun, di era digital seperti sekarang ini, perkembangan media iklan semakin luas. Kamu bisa menemukan iklan hanya dari sebatas genggaman tangan. Kamu bisa menemukan iklan di smartphone-mu melalui media sosial yang kamu gunakan.


Mengapa Kamu Perlu Mengiklankan Produkmu?

Dikutip dari situs The Important Site, berikut tiga alasan mengapa kamu perlu mengiklankan produkmu:

  1. Dapat menargetkan customer Iklan dapat membantu bisnismu untuk menjangkau audiens yang nantinya bisa menjadi pelanggan. Terlebih lagi di era digital marketing, kamu bisa menargetkan iklanmu dengan target customer-mu secara lebih spesifik, seperti berdasarkan umur, gender, dan atau bahkan profesi.

  2. Dapat membantu customer retention Salah satu kunci untuk mempertahankan pelanggan/customer retention adalah dengan mengiklankan produkmu lagi. Dengan melihat iklan, seorang pelanggan yang sudah membeli produk dari bisnismu kemungkinan besar mereka akan membeli lagi produkmu karena iklan. Iklan di sini seakan menjadi ‘pengingat’ ke pelangganmu bahwa produkmu masih layak dan relevan untuk dibeli.

  3. Iklan dapat memengaruhi tingkat penjualan Tentu saja goals dalam berbisnis adalah mendapatkan untung dalam penjualan. Dalam hal ini, iklan memainkan perannya dalam meningkatkan penjualan pada bisnismu karena dengan iklan kamu bisa memperkenalkan produkmu ke target customer. Jika mereka tertarik, mereka akan membeli produkmu.


Bagaimana Cara Buat Iklan yang Perform?

Seiring berkembangnya zaman, banyak media yang bisa kamu pilih untuk mengiklankan produkmu. Artinya akan ada banyak brand atau pebisnis yang memilih iklan sebagai salah satu strategi marketing mereka. Namun, perlu kamu ingat, bukan cuma brand-mu saja yang memilih iklan menjadi salah satu strategi marketing. Ada puluhan brand, bahkan ratusan yang menjalankan iklan. Kompetitormu bukan hanya sesama brand, ada content creator atau influencer di luar sana yang ternyata juga ahli dalam mengiklankan suatu produk.


Di sinilah kamu perlu strategi lebih lanjut. Kamu perlu membuat iklan yang dapat menarik perhatian audiens agar dapat bersaing dengan yang lain. Kamu perlu mengubah ‘advertising’ menjadi ‘actvertising’, di mana iklanmu harus benar-benar out of the box, informatif, menjawab masalah target audiensmu, dan yang terpenting relevan karena pada dasarnya manusia tidak akan mengingat sesuatu yang tidak relevan untuk hidupnya. Lalu, bagaimana caranya untuk kamu bisa membuat iklan yang perform?


Darshana mengadakan webinar for internal berjudul “WFI 1.0 Darshana - How to Create Performing Ads” dengan Renaldy Arief (Jolly) yang merupakan Executive Creative Director di ROMP sebagai pembicara. Webinar for internal ini diadakan pada Senin, 27 Juni 2022 pukul 18.30 WIB - 21.30 WIB. Webinar ini sebenarnya diselenggarakan khusus untuk Darshanian (tidak untuk umum). Namun, kamu bisa lihat video cuplikan webinar How to Create Performing Ads di bawah.


 

Referensi