Lebih Penting Copywriting atau Design untuk Iklan Digital?

Tips

By:

Darshana Editorial Team

I

Apr 27, 2022

I

4

min. read

Contributor:

Ratih Dwi Jayanti

Darshana Editorial Team

Previous Post

Grow your business with Darshana!

  • Ratih Dwi Jayanti

TikTok vs Instagram Reels: Mana yang Lebih Efektif untuk Brand?

Semakin banyak fitur menarik yang ada di media sosial. Sebut saja Instagram yang mengeluarkan fitur bernama Reels yang sangat mirip dengan TikTok bahkan dianggap bisa menyaingi TikTok yang sebelumnya sudah menarik perhatian pengguna. Dengan persamaan yang dimiliki oleh kedua fitur ini, pemilik brand dan bisnis bisa memanfaatkan fitur ini untuk media promosi atau bahkan penjualan. Lalu, apa perbedaan kedua fitur ini? Mana fitur yang lebih bagus khususnya untuk brand/bisnismu?


TikTok vs Instagram
Source: Shutterstock


Perbedaan TikTok dan Reels Instagram

Sama-sama booming dengan konten yang output-nya berupa video, tentu saja Instagram Reels memiliki perbedaan tersendiri dengan TikTok. Apa saja perbedaanya? Yuk, simak!

  1. Durasi Video Jika TikTok menyediakan durasi maksimal hingga 3 menit, Instagram Reels menyediakan durasi maksimal hingga 60 detik. Dengan lebih lamanya durasi yang disediakan, pengguna TikTok bisa menjelaskan konten secara detail. Walaupun begitu, pengguna Instagram Reels bisa lebih kreatif membuat video dengan waktu maksimal yang diberikan dan point out hal yang paling ingin ditonjolkan di dalam video.

  2. Tools untuk Mengedit Video Interface antara TikTok dan Instagram Reels memang terlihat sama tetapi kalau diperhatikan satu sama lain memiliki perbedaan. Efek atau filter video yang disediakan Instagram Reels lebih sedikit dibandingkan dengan TikTok. TikTok juga memiliki fitur untuk memberikan efek suara dan tools untuk voiceover sedangkan Instagram Reels lebih mengedepankan suara original pengguna. Perbedaan terbesar lainnya adalah di TikTok memiliki fitur untuk berkolaborasi yang bernama Duet, Reaction, and Stitch features. Ketiga fitur ini tidak dimiliki oleh Instagram Reels.

  3. Pilihan Musik Perbedaaan antara TikTok dan Instagram Reels adalah musik. Pengguna TikTok memiliki akses ke berbagai pilihan musik yang disediakan oleh TikTok sedangkan di Instagram Reels pilihannya lebih sedikit karena terbentur dengan hak cipta.

  4. Caption Caption di TikTok dibatasi hanya sampai 150 karakter sedangkan di Instagram Reels tidak ada batasan dan akan muncul di bawah video reels.

  5. Algoritma Menurut TikTok, sistem untuk bisa menjadi TikTok “For YouPage (FYP) adalah dengan merekomendasikan konten dengan memberi peringkat video berdasarkan beberapa kombinasi faktor, seperti interest, interaksi pengguna, format video, hingga pengaturan aplikasi TikTok di device-mu termasuk preferensi bahasa. Jika TikTok memiliki FYP, maka Instagram Reels memiliki “Featured”. Menurut Instagram, Featured Instagram Reels dipilih oleh Instagram untuk membantu penggunanya menemukan konten asli yang diharapkan dapat menghibur dan menginspirasi pengguna satu sama lain.

  6. Paid Ads/Iklan Berbayar TikTok saat ini menawarkan hal-hal menarik, seperti In-Feed Ads, Brand Takeovers, TopView, Branded Hashtag Challenges, dan Branded Effects. Selain itu, TikTok baru-baru ini bekerjasama dengan Shopify yang bertujuan untuk memudahkan pemilik bisnis di Shopify untuk menjangkau audiens TikTok yang lebih muda sehingga dapat mendorong penjualan. Di sisi lain, Instagram memperkenalkan Branded Tag Content untuk Instagram Reels sebagai cara untuk memastikan pembuat konten mengungkapkan dengan jelas saat mereka membuat branded content. Instagram Reels juga memungkinkan para pemilik bisnis agar dapat bekerja sama dengan content creator dan influencer untuk membuat branded content. Selain itu, Instagram memiliki Instagram Shopping yang membantu pengguna untuk melihat dan membeli produk langsung dari hampir setiap bagian aplikasi Instagram, dari postingan feed, Instagram Stories, Instagram Live, IGTV, dan Reels.


Studi Perbandingan antara TikTok dan Instagram Reels

Dikutip dari Forbes, marketing agency bernama Markerly menganalisis postingan dari 80 influencer dan 10 brand dari TikTok dan Instagram dan menemukan bahwa tempat terbaik untuk brand sekarang adalah Instagram Reels sedangkan TikTok adalah tempat terbaik untuk influencer dan selebriti. Menurut penelitian, selebriti dan influencer menerima hampir dua kali lipat likes dan engagement di TikTok dibandingkan dengan Reels. Sementara dari sisi brand, NBA mendapatkan banyak likes di Reels dibanding di TikTok dengan konten yang sama.


Untuk demografi pengguna TikTok dan Reels pun berbeda. Dilansir dari Forbes, sebagian besar pengguna TikTok adalah Gen Z, dengan kelompok usia terbesar berusia 10 hingga 19 tahun. Sementara itu, demografi usia terbesar pengguna Instagram adalah 25 hingga 34 tahun.


Di Indonesia sendiri, pengguna Instagram menurut Laporan Napoleon Cat, pada Februari 2022 terdapat 100 juta lebih pengguna. Mayoritas pengguna Instagram di Indonesia adalah dari kelompok usia 18-24 tahun, yakni sebanyak 37,1% (37,80 juta) dengan rincian 20% merupakan perempuan dan 17,1% merupakan laki-laki dari rentang usia 18-24 tahun. Sementara itu, dikutip dari Statisa.com, pengguna TikTok di Indonesia terdapat 22,2 juta pengguna aktif bulanan (monthly active users/MAU) pada tahun 2020.


Menurut PR Daily, konten di TikTok memiliki kemampuan unik untuk mendorong engagement organik dan visibilitas yang belum pernah terlihat sebelumnya, terutama di antara pengguna dengan pengikut yang lebih sedikit. Di sisi lain, Reels memiliki kelebihan dalam membangun & mempertahankan eksistensi brand karena sudah memiliki audiens yang terikat yang dapat meningkatkan visibilitas sebuah brand.


Kesimpulan

TikTok dan Reels tentu memiliki perbedaannya masing-masing. Hal ini justru bisa dijadikan tolak ukur untuk brand dalam memutuskan mana yang terbaik untuk kelangsungan bisnis khususnya untuk kegiatan promosi bahkan hingga penjualan. Jika kamu ingin membuat video kreatif dengan durasi kurang dari 1 menit dilengkapi dengan caption yang lengkap, kamu bisa memilih Instagram Reels. Namun, jika kamu ingin videomu jauh lebih detail dilengkapi dengan pilihan musik yang lebih banyak, maka kamu bisa pilih TikTok. Kamu bisa memutuskan mana yang lebih efektif untuk brand-mu sesuai dengan goals, kebutuhan bisnis, dan strategi marketing dari brand-mu masing-masing.

 
Sumber:

Worb, Jessica. “Instagram Reels Vs TikTok: What’s the Difference?

”, 2020, https://later.com/blog/instagram-reels-vs-tiktok/


Johnson, Dave. “Instagram Reels Vs TikTok”, 2022, https://www.alphr.com/instagram-reels-vs-tiktok/


Bellan, Rebecca. “Study Reveals Instagram Reels Better For Brands, TikTok Better For Influencers

“, 2021 https://www.forbes.com/sites/rebeccabellan/2021/02/22/study-reveals-instagram-reels-better-for-brands-tiktok-better-for-influencers/?sh=130d64636c08


Kline, Justine. “Research shows that TikTok has an edge over Instagram’s Reels

“, 2021, https://www.prdaily.com/research-shows-that-tiktok-has-an-edge-over-instagrams-reels/#:~:text=Based%20on%20this%20relatively%20small,the%20same%20content%20on%20TikTok